Trip Kapal

Trip Kapal yang dimaksud adalah lamanya waktu yang diperlukan kapal untuk melaut dari berangkat mencari sampai berlambuh kembali. Seperti telah diketahui di PPP Dislautkan DIY, Sadeng mempunyai 3 jenis kapal yaitu Purse Seine atau Slerek, Sekoci dan Jukung atau PMT. Ketiga kapal tersebut mempunyai lama trip yang berbeda-beda seperti dibawah ini :

 

  • Kapal motor/Slerek, 30-50 Gross Tonnage, berjumlah 8 kapal. Lama trip penangkapan (melaut) kapal ini adalah 1-2 minggu. Jumlah anak buah kapalnya yaitu 25-33 orang. Alat tangkap utama yang digunakan adalah jaring jenis purse seine. Gross tonnage (GT) merupakan suatu ukuran yang menunjukkan besarnya volume kapaluntuk menampung hasil dari operasi penangkapan ikan dalam rangka pemanfaatan sumberdaya perikanan.
  • Kapal motor/Sekoci, 5-30 Gross Tonnage, berjumlah 54 kapal. Lama trip penangkapan (melaut) kapal ini adalah 3-7 hari. Jumlah anak buah kapalnya yaitu 5 orang. Alat tangkap utama yang digunakan adalah pancing jenis pancing ulur.
  • Perahu motor tempel/jukung, <5 Gross Tonnage, berjumlah 53 kapal. Lama trip penangkapan (melaut) kapal ini adalah 1 hari. Jumlah anak buah kapalnya yaitu 1-2 orang. Alat tangkap utama yang digunakan adalah jaring jenis gill net/jaring insang.
 
 
 
View this post on Instagram

A post shared by PPP Dislautkan DIY (@pppsadeng)

 

Nah, diatas adalah infografis ciamik yang berisi kondisi kapal yang ada di PPP Dislautkan DIY, Sadeng. Terdapat 72 Kapal di Darat dan 94 Kapal di Kolam.

 

Kapal Jukung

PPP Dislautkan DIY

Alamat : Jalan Sadeng Km. 0, Songbanyu, Girisubo, Gunungkidul

Email : pppsadeng@gmail.com

Instagram : @pppsadeng