Data Kapal

Produksi perikanan PPP tentunya didukung dengan adanya armada kapal perikanan yang beroperasi di PPP yang berjumlah 126 kapal perikanan. Armada kapal perikanan tersebut dapat dikelompokkan menjadi 3 jenis berdasarkan ukurannya :

  1. Kapal motor/Slerek, 30-50 Gross Tonnage, berjumlah 8 kapal. Lama trip penangkapan (melaut) kapal ini adalah 1-2 minggu. Jumlah anak buah kapalnya yaitu 25-33 orang. Alat tangkap utama yang digunakan adalah jaring jenis purse seine. Gross tonnage (GT) merupakan suatu ukuran yang menunjukkan besarnya volume kapaluntuk menampung hasil dari operasi penangkapan ikan dalam rangka pemanfaatan sumberdaya perikanan.
  2. Kapal motor/Sekoci, 5-30 Gross Tonnage, berjumlah 54 kapal. Lama trip penangkapan (melaut) kapal ini adalah 3-7 hari. Jumlah anak buah kapalnya yaitu 5 orang. Alat tangkap utama yang digunakan adalah pancing jenis pancing ulur.
  3. Perahu motor tempel/jukung, <5 Gross Tonnage, berjumlah 53 kapal. Lama trip penangkapan (melaut) kapal ini adalah 1 hari. Jumlah anak buah kapalnya yaitu 1-2 orang. Alat tangkap utama yang digunakan adalah jaring jenis gill net/jaring insang.

  

Berikut adalah Data-Data kapal yang beroperasi di Pelabuhan Perikanan Pantai Dislautkan DIY, Sadeng.

 

 

 

PPP Dislautkan DIY

Alamat : Jalan Sadeng Km. 0, Songbanyu, Girisubo, Gunungkidul

Email : pppsadeng@gmail.com

Instagram : @pppsadeng